English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Jumat, 29 Juli 2011

Selama bulan Ramadhan, rutinitas di kampungku


Waktu terus berjalan aku teringat pada masa kecilku dikampung halamanku,pada saat itu umurku sebalas tahun.Aku duduk dibangku SD,kebiasaanku dibulan Ramadhan aku dan teman2 mempunyai rutinitas yang rutinitas sama.



                                                  ( gambar ini diambil dari rafizlan.blogspot.com )

Pagi mulai datang setelah sahur aku dan temanku bernama pentel ( nama aslinya muhammad isroil,nama pemberian dari kedua orang tuanya yang sudah disyukuri ) biasanya dikampung halamanku setiap anak pastinya punya nama panggilan sepeti julukan aku juga punya nama sebutan kodokkintel seperti nama blogdetik aku.Dipagi hari setelah menjalankan sholat subuh dimasjid aku dan teman-teman ikut ngaji AL-QUR’AN,biasanya selesai ngaji sekitar pukul 05.30 kami langsung jalan-jalan keliling desa  masih pake baju koko mumpung rame,biasanya cuman rame dibulan Ramadhan.
Pukul 06.00 pagi kami langsung pergi mandi sambil bermain-main dikali maklum orang desa,padahal dirumah kami ada sumur juga.Karna saking asiknya kami lupa waktu mandinya udah lumayan lama,kami langsung bergegas pulang untuk ganti baju seragam sampai dirumah eh udah jam 06.30,aku langsung pergi kerumah pentel kan rumahku ngelewati rumah pentel kalo mau berangkat sekolah pentel juga udah siap berangkat.karna merasa udah telat kami langsung lari sambil ngobrol,

Pentel    : tel ( aku kintel ) yok lewat sawah ae yo ( yuk lewat sawah aja ya )
Aku         : ayok ben cepet tel ( pentel )
Kami terus lari pada waktu sampai di sawah kami pastinya lewatnya dipematang sawah,aku dan pentel langsung aja lari
Pentel    : aduh
Aku         : kenatapa ??
Pentel     : iki loh
Aku         : aduh
Hahahaha ini to kok bilang aduh,ternyata pematang sawahnya masih baru di popok ( dibikin ) ternyata kaki kami nancap dipematang sawah karna masih basah.Karna kotor sepatu dan kaos kaki kami mau nggak mau kami bergegas pulang sambil ngobrol
Pentel      : tel ( kintel ) ngopo we melu-melu  ( napa kamu ikut-ikut )
Aku           : hehehe lah aku yo ora ngerti nak sek teles ( hehehe aku juga tidak tau kalo masih basah )
Pentel       : dasar wong nak podo pintere ( dasar orang sama pinternya ( maksudnya nyindir kami ))
Sambil jalan pulang aku dan pentel masih becndaan ngetawain kecerobohan yang kami lakukan,sampai dirumah aku langsung cuci kaki dan ganti pake sendal jepit ( maklum orang paspasan jadi sepatu cuman satu saja ).Kami berangkat sekolah walaupun harus telat,setealah sekolah sudah berjalan hingga waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 11.00 kami langsung bergegas pulang ( biasa puasa pulang agak pagi ),
Seampai rumah aku begitu juga teman2 sekolah langsung pergi kemasjid untuk menanti waktunya sholat dzuhur,hingga waktu sudah jam 02.00 siang aku dan teman-teman masih mempunyai  rutinitas untuk mencarikan rumput hewan peliharaan seperti sapi dan kambing .Setalah selesai kami mencari rumput kami langsung mandi di kali untuk persiapan belajar ngaji di TPA yang berada dimasjid juga,menurut orang tua kami dan kami belajar agam itu penting untuk pondasi supaya kalo besar kita mampunyai landasan agama dan membantuk tatakrama dan tingkah laku yang baik.
Belajar ngaji sudah selesai kami masih punya rutinitas biasanya cuman dibulan Ramadhan aja,karna masih ada waktu sekita 1 ½ jam untuk melakukan kegiatan memancing,untuk menunggu waktu buka puasa.Ngabuburit semacam ini asik juga menurutku,yang ikut memancing luar biasa banyaknya jadi setiap ada yang straik pasti semuanya ikut teriak.Tempat memancing terletak pinggirkali di njuwet ( nama dusunku )  mesikun yang datang hanya orang-orang desaku sendiri.

Ya kayak gitu rutinitas dikampung aku,karna masyarakatnya hanya ngandeli pertanian kalo nggak musim panen banyak yang nganggur,tapi kami bersyukur bisa berkumpul dengan keluarga ketengan,damai yang kami rasakan,itulah rutinitas selama dibulan Ramadhan di kampungku.

3 komentar:

  1. alhamdulillah ya,...masih bisa berkumpul dengan saudara dan ayah bunda..makan ra makan sing penting kumpul,..jare hehehehe
    salam kenal juga mas,..makasih dah jala2 ke tempatku:)

    BalasHapus
  2. sami sami,ya seneng kalo deket keluarga

    saya jauh ni,ya disukurin aja

    BalasHapus
  3. kenangan masa kecil yg tak terlupakan
    loh, ngabuburitnya koq malah mancing, bukan ngaji di masjid/takjil ? gak ada ya?

    salam kenal juga, makasih kunjungannya.

    BalasHapus